corat-coret

Sudah banyak lagu digubah, puisi ditulis, dan kanvas dilukis untuk menggambarkan cinta.
Tapi apakah cinta itu sebenarnya? Tentunya seorang pelukis akan berbeda dengan seorang pencipta lagu dalam menjelaskan cinta.
Bahkan setiap orang akan mendefinisikan cinta dengan cara yang berbeda,Sah-sah saja.

Karena manusia satu-satunya makhluk, konon, yang dapat merasakan cinta. Hanya saja masalahnya, sebagai sebuah konsep, cinta sedemikian abstraknya sehingga sulit untuk didekati secara ilmiah.
Dalam tulisan ini saya mencoba untuk memilih teori seorang psikolog, Robert Sternberg, yang telah berusaha untuk menjabarkan cinta dalam konteks hubungan antara dua orang. Menurut Sternberg, cinta adalah sebuah kisah, kisah yang ditulis oleh setiap orang.

Kisah tersebut merefleksikan kepribadian, minat dan perasaan seseorang terhadap suatu hubungan. Ada kisah tentang perang memperebutkan kekuasaan, misteri, permainan dan sebagainya.
Kisah pada setiap orang berasal dari “skenario” yang sudah dikenalnya, apakah dari orang tua, pengalaman, cerita dan sebagainya.
Kisah ini biasanya mempengaruhi orang bagaimana ia bersikap dan bertindak dalam sebuah hubungan.

Sternberg terkenal dengan teorinya tentang segitiga cinta (bukan cinta segitiga, lho)
Segitiga cinta itu mengandung komponen:
(1) keintiman (intimacy),
(2) gairah (passion)
(3) komitmen. Keintiman adalah elemen emosi, yang di dalamnya terdapat kehangatan, kepercayaan (trust) dan keinginan untuk membina hubungan.

Ciri-cirinya antara lain seseorang akan merasa dekat dengan seseorang, senang bercakap-cakap dengannya sampai waktu yang lama, merasa rindu bila lama tidak bertemu, dan ada keinginan untuk bergandengan tangan atau saling merangkul bahu.
Gairah adalah elemen motivasional yang didasari oleh dorongan dari dalam diri yang bersifat seksual. Komitmen adalah elemen kognitif, berupa keputusan untuk secara sinambung dan tetap menjalankan suatu kehidupan bersama.

Maaf ya,klo dalam teks ini ada yang salah,Aku mah bukan seorang yang pintar kok. Ini hanya menumpahkan isi pikiran saya aja. Makasih ya udah mau baca….

4 komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


Ade Sanusi mengatakan...

Duh Frank.....

Ade mah Pusing dah kanu namanya CiNTA... lalieur... Ribet.... Teu Kaharti... mending komentar posting daripada mikirin cinta... he he

Duh.... Udah dulu Yah....

Frank: Loe Kere.........n...!

Frank mengatakan...

wkwkwkw
kan cnah cinta itu indah...
indah apanya ayo.....

ariesna mengatakan...

Untuk teori Sternberg yang terkenal dengan teorinya segitiga cinta, saya suka atau setuju sama yang poin no.2 yakni gairah (passion).
Hehehehe

SIAF mengatakan...

jahar...Coret2 Moret Trusssssss Frank.....wakakakakakka

Posting Komentar

Related Websites

Archives

Followers