Menguak kembali Cikal Bakal Blogger Garut

Maraknya kumpulan blogger, seperti Angin Mammiri dari Makassar, Loempia dari Semarang, Bandung Blog Village dari Bandung, Ranah Minang dari Padang, Angkringan dan Cah Andong dari Yogyakarta, Tukang Lenong dari Jakarta, Komunitas Blogger Muslim, Blogfam, Merdeka, Multiply Indonesia, IdGmail!, bahkan dari Kuala Lumpur (Malaysia).

Demi menciptakan iklim nge-blog yang positif di Indonesia, beberapa inisiator pun mencuatkan ide untuk menggelar pertemuan blogger berskala nasional. Jadilah acara “Pesta Blogger 2007” yang digelar di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta, Sabtu (27/10), dengan mengangkat tema “Suara Baru Indonesia”.

Adalah Enda Nasution, Nasional Budi Putra, Fatih Syuhud, Lita Mariana, Nukman Luthfie, Priyadi Nurcahyo, Ratna Ariyanti (Atta), Wicaksono, Wimar Witoelar, dan Yosef Ardi.

27 Oktober, Hari Blogger Nasional
Pesta Blogger 2007 berbuah Hari Blogger Nasonal yang diresmikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Mohammad Nuh tanpa basa-basi mendeklarasikan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Momentumnya dibuat seiring Pesta Blogger 2007.

Hal itu dicetuskannya saat memberikan sambutan dalam Pesta Blogger 2007 (PB2007), sebuah acara gathering blogger nasional yang diadakan di Blitz Megaplex, Jakarta, Sabtu (27/10/2007). “Hari ini saya nyatakan sebagai Hari Blogger Nasional!” tukasnya disambut tepuk tangan meriah para penulis blog.

“Momentumnya sangat tepat untuk mendeklarasikan hari ini sebagai hari blogger nasional. Sebelumnya hal ini belum direncanakan sama sekali,” ujarnya kepada wartawan setelah memberi sambutan.

Agregator; Komunitas Blogger Garut
Tak mau ketinggalan Kota Garut pun membentuk komunitas Blogger bernama Agregator. Meski kata Tozie salah seorang pendiri Blog Garut menuturkan ‘Ide pembentuka ini sudah lama hadir dalam benak kami, tapi karena satu dan lain hal jadi terbengkalai’

Sebelum terjadinya pertemuan Blogger Nasional kami telah membuat komunitas, tapi belum terdaptar di Pandi (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). ‘Baru setelah bekerja ekstra dengan Dede Kurniadi. Akhirnya dapat domain, jelasnya.

Lain lagi ceritanya dengan Cukong –sapaan akrab Dede Kurniadi menjelaskan ‘terus terang ide ini memang telah saya rencanakan bersama teman-teman Blogger yang berasal dari Kabupaten Garut dengan tujuan untuk mengikat tali silaturahmi antar sesama warga Blogger yang berasal dari daerah kabupaten Garut, dan diharapkan dengan adanya komunitas Blogger Garut, warga Garut tidak Melek IT (khususnya Nge-Blog).

Disamping itu kita berharap keberadaan dari komunitas Blogger Garut ini bisa di terima di kalangan para Blogger Indonesia yang beberapa waktu yang lalu telah melakukan pertemuan di PestaBlogger 2007.

Sebelumnya tepatnya tanggal 26 Juli 2007, kita juga telah melakukan kampanya Blogger Garut bersama teman-teman yang berasal dari Garut dengan sosialisasi pertama kali dibantu oleh rekan saya Yoga, Arai dan pihak lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, dengan memasang pita bloggergarut di blognya masing-masing dengan backlink sementara ke Blog ini, tambahnya.

Pasca pengapprovean oleh Pihak Pandi beralamat www.bloggergarut.or.id Tentu setelah melengkapi persyaratan Akta Notaris dan lainya.

Penggunaan domain Indonesia lebih menitik beratkan pada kecintaan produk Indonesia. ‘Saya sengaja untuk domainnya lebih menggunakan domain indonesia, karena untuk lebih mencerminkan bahwa Blogger Garut cinta produk Indonesia’, katanya

Nah, sekarang tinggal melakukan pembayaran saja, sedangkan untuk hosting kebetulan saya mempunyai bisnis hosting kecil-kecilan sehingga saya menyediakan khusus untuk komunitas ini, adapun untuk biayanya pun sementara untuk awal, saya tanggung dengan merogoh kocek sendiri demi terbentuknya komunitas ini, paparnya.

Fasilitas; Forum Diskusi dan Badge
Menyaol menu yang akan disediakan para penggags Blogger Garut memaparkan, Pertama, fasilitas forum diskusi untuk lebih mnegikatkan tali silaturahmi. Kedua, Badge Blogger Garut. Namun, bila ada ide lain komunitas ini silahkan ajukan sebelum di luncurkan, tegasnya.

19 Anggota Forum dan 15 Kontributor
Kendati Komunitas Agregator masih alakadarnya. Semenjak di publis (04/11) hingga sekarang (08/11) terdapat lebih dari 10 anggota forum dan kontibutor.

Adalah 19 jumlah anggota forum; Admin, Ibnu, Mang_otong, Kopitozie, Supono, vodkarijoeana, Gibson, Zarin, Aci, Domo, PAW256, Frank Garsel, Cha256, Purwasila, Fredistwn, Agung, Erladhi, Nos dan Qlsincorpgarsel.

15 Kontributor; Arai, BUdiman, Widaningsih, Supono, Ibn Ghifarie, Mang Otang, Nos, Frank Garsel, Achie Loetjoe, Tozie, Mumuy BPPT, Dede Kurniadi, Nandar Faiz, Domo, Givarian.

Sejatinya mempunya blog bila ingin gabung bersama Agregator; Komunitas Blogger Indonesia. Hidup Blogger Garut. [Ibn Ghifarie]

4 komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


Blogger Indonesia mengatakan...

lanjut, paingan asa pernah maca eh dihandapna aya ngaran si kang ibnu hahahahaha

adhie mengatakan...

dan diharapkan dengan adanya komunitas Blogger Garut, warga Garut tidak Melek IT (khususnya Nge-Blog)....tambahannya...
sedikitnya menjadi mengenal Blog.. huehue

Kopi Tozie mengatakan...

Amieen ... seep tetap semangat sob di Forumnya yaa, punten upami abdi rada langki ngalayadan

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
wah siip mas frank.bisa dijadikan acuan yg go and go he..he..semangat ya..good luck

Posting Komentar

Related Websites

Archives

Followers