Jangan Kaget, Facebook Ubah Tampilan


PALO ALTO, KOMPAS.com — Memasuki usianya ketujuh tahun, Facebook memberikan kejutan kepada para penggunanya dengan perubahan tampilan. Facebook mengatakan, desain baru menyediakan navigasi yang lebih enak untuk melihat-lihat hal baru.

"Hari ini, kami mulai melakukan perubahan navigasi terbaru untuk membantu Anda menemukan apa yang dicari di Facebook. Sekarang dari kiri atas menu Anda bisa dengan cepat mendapatkan yang paling baru dan penting," ujar Jing Chen, insinyur Facebook, dalam blog perusahaan, Jumat (5/2/2010).

Peringatan di atas

Ia menjelaskan tiga perubahan utama navigasi baru ini. Pertama, navigasi yang baru memastikan pengguna selalu update dari baris teratas.

"Jika Anda menerima notification Facebook, misalnya, seseorang menulis di Wall atau nge-tag foto, Anda akan melihat tombol berwarna merah di pojok kiri atas dekat kotak pencarian," jelas Jing Chen. Jika di-klik akan muncul Drop Down Menu.

Sementara itu, link ke halaman profil akan diletakkan di kanan atas menjadi satu dengan menu Account. Termasuk di dalamnya fitur untuk mengatur privasi dan log out.

Menu konten di kiri

Perubahan kedua, semua konten kini bisa diakses melalui menu terurut di bagian paling kiri. Jika pengguna biasa menggunakan sistem folder di komputer Windows, pola seperti ini sangat membantu karena familiar.

"Menu di kiri dikumpulkan agar mempermudah Anda berkomunikasi dan menemukan konten dari teman. Anda kini bisa mengakses pesan dan fitur utama lainnya dari satu tempat, dari sebelah kiri News Feed," urai Chen.

Dari menu foto, pengguna dapat melihat daftar foto terbaru teman-temannya. Dari menu kegiatan bisa melihat agenda yang akan datang. Dari menu teman bisa mencari teman, perubahan profil yang dilakukan teman, dan melakukan filter News Feed.

Berbagi info "game" dan aplikasi

"Kami juga membuat kali ini lebih mudah bagi Anda untuk menemukan dan berinteraksi dengan aplikasi dan menemukan yang baru melalui menu Applications and Games," tulis Chen.

Menu tersebut akan memperlihatkan game-game yang dimainkan pengguna Facebook, game-game yang sedang dimainkan teman. Aplikasi favorit juga bisa dipilih agar muncul di menu kiri sehingga lebih mudah diakses.

Jika tak ingin apa yang Anda lakukan diketahui semua orang atau teman, semuanya bisa diatur melalui Privacy Setting. Kalau masih bingung dengan desain baru, Facebook menyediakan Site Tour.







11 komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


bunga raya mengatakan...

ya bos ketika saya buka tadi ada perubahan tapi aku masih kaget dan masih perlu penyesuaina sih...tapi emang makin mantap aja bos...dengan tampilan barunya...

zet star mengatakan...

wow..makin betah aja dung bubuk bersama c juragan pisbuk...

iman kasep mengatakan...

di japan mah teu acan robih gan

suryadewa mengatakan...

nice post gan hehehe tp fbq blm nih ,,

Rifqi Fahrurozi mengatakan...

nu saya mah teu acan ...
nu saya mah senior facebook na jadi tampilan baheula keneh .. hahaha
beda index jeung db na ..

artiirhamna mengatakan...

Keren nih...
tapi baru sebagian yg berubah, lum semuanya!!

Belajar Menjadi Blogger mengatakan...

punya saya ge blum berubah Boooss,,kenapa yahhhh

Blogger Indonesia mengatakan...

meded tapi teu ngaruh rek rubah rek ngaleungit ge xixiixi

SemutGeni.Net mengatakan...

sayang untuk privacy nya masih kurang ... ga sekeren dolo

fanbike mengatakan...

lieur ten..hehehheee...
arahana donk...

martha mengatakan...

privacy saya terganggu neh, gara2 fesbuk yg baru selalu publish ke feed utk setiap aktivitas yg sy lakukan. :(
jadi weh refot ngadeletan hiji-hiji.

Posting Komentar

Related Websites

Archives

Followers