Mengenai komunikasi dan perubahan sosial

Menurut saya komunikasi dapat membuat efek-efek postif maupun negatif bagi perubahan sosial. Ada beberapa contoh diantaranya,seperti:
1. Televisi
Merupakan suatu alat komunikasi yang mempunyai efek positif dan negatif bagi perubahan sosial. Efek positifnya dari televisi itu adalah televisi dapat menambah pengetahuan masyarakat dengan tayangan-tayangan yang berilmu, seperti acara reality show kuis “siapa berani” yang disiarkan disalah satu stasiun televisi, lalu berguna juga bagi masyarakat untuk mendapatkan suatu informasi dan agar tahu bagaimana keadaan dan masalah-masalah yang ada di dalam negeri maupun diluar negeri, dan juga sebagai hiburan masyarakat,seperti acara “ovj” yang menghibur masyarakat sekali.


Pengaruh positif dalam diri saya sendiri televisi itu berguna untuk mengisi waktu luang, terhibur dengan acara-acara yang lucu, menambah pengetahuan, tidak tertinggalnya berita-berita yang sedang dipermasalahkan, menghilangkan kebosanan, dsb.
Selain efek positif ada juga efek negatifnya dari televisi, seperti ditayangkannya sinetron yang bersifat tidak mendidik, menurut saya sinetron itu sama saja acara pembodohan untuk masyarakat karena lebih banyak efek berlebihan yang menjurus lebih kenegatifan yang menyebabkan jika masyarakat yang tidak dapat menyaringnya dengan baik bisa saja menirunya dan mempraktekan di kehidupan masyarakat itu sendiri, apalagi jika yang menontonnya adalah anak-anak dibawah umur. Selain sinetron juga ada juga acara gosip yang biasanya ditayangkan mengenai diumbar-umbarnya urusan pribadi artis,seperti masalah perceraian dan tayangan seperti fashion yang dipake oleh artis itu sendiri yang menayangkan busananya terlalu terbuka, yang membuat efek kurang baik bagi masyarakat menyebabkan masyarakat ingin menirunya.

Perubahan efek negatif televisi dalam kehidupan diri saya itu adalah membuat pengaruh untuk menunda pekerjaan, tidur menjadi malam karena keasyikan menonton,saya menjadi malas membaca buku atau koran dsb.


2. Internet
Termasuk alat komunikasi yang mudah dan cepat untuk mengaksesnya dan jangkauannyapun sangat luas. Internet juga mempunyai efek positif dan negatifnya. Dalam efek positifnya ada hal yang sama dengan telivisi yaitu kita bisa mendapatkan informasi dan mendapatkan berita, selain itu juga dengan terdapatnya situs facebook dan twitter kita dapat menambah teman dan bergaul dengan orang banyak, dan masih banyak yang lainnya.

Namun sekarang facebook atau dunia maya lainnya banyak disalahgunakan oleh orang banyak, misalnya saja facebook sekarang dijadikan perempuan untuk ajang menjual dirinya sendiri dan ada juga orang-orang yang mengungkapkan perasaannya dengan kata-kata yang kasar tidak sesuai dengan etika dan moral, sungguh itu bukan perilaku yang baik sekali. Ada juga situs-situs yang berisikan film/gambar porno yang banyak dilihat oleh anak-anak sekolahan padahal itu sangat dilarang sekali dan juga tidak baik, itu sebagian kecil efek negatifnya dari internet.

Dari kehidupan diri saya sendiri efek positifnya itu lebih mudah dan membantu untuk mencari tugas, dari facebook dan twitter saya dapat tetap bersilahturahmi dengan teman-teman lama atau menambah teman baru juga, dsb. Efek negatifnya saya kadang suka lupa waktu karena keasikan bermain internet dan mengabaikan suatu pekerjaan.

3. Handphone
Handphone adalah suatu alat komunikasi juga yang pada umumnya orang punya, baik anak yang masih duduk di sekolah dasarpun dan orang-orang dewasa. Handphone itu sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Tapi handphone juga memiliki efek positifnya, yaitu kita dapat berkomunikasi dengan kerabat atau keluarga dalam jarak jauh baik berupa pesan singkat atau biasa disebut sms atau bahkan juga telepon, jika yang sudah canggih dapat mengabadikan sesuatu dengan difoto objek tertentu. Ada juga efek negatifnya, yaitu kadang handphone membuat orang tidak konsentrasi dengan lingkungan sekitarnya, karena keasyikannya itu, ada juga radiasinya yang menurut penilitian mengganggu kerja otak seseorang.

Perubahan bagi kehidupan diri saya sendiri efek postifnya itu jadi mudah untuk menghubungi seseorang, dapat mengabadikan momen yang bagus dengan difoto. Efek negatifnya boros karena untuk dibelikan pulsa, kadang saking asyiknya lupa dengan lingkunga sekitar.

4. Radio
Radio adalah suatu alat komunikasi yang cara penyajiannya kita tidak dapat melihat orang yang berbicara tersebut. Mungkin radio juga hampir sama dengan televisi namun hanya berbeda dicara penyajiannya. Sama halnya dengan yang lain radio memiliki efek positif dan negatifnya. Positifnya yaitu dari radio juga kita dapat mendapatkan suatu berita/informasi, dapat mendengarkan dan meminta banyak musik kepada penyiarnya, dapat menghibur dengan acara/penyiarnya yang lucu atau unik cara bicaranya. Negatifnya kadang diradio itu adanya acara yang berbau seperti ramalan, menurut saya itu kurang baik untuk didengarnya, radiasi radio juga yang bila terlalu lama mendengar menurut penelitian tidak baik untuk otak seseorang.

Perubahan yang ada dalam diri saya,efek positifnya itu saya dapat mendengarkan lagu-lagu yang sedang terkenal sekarang, mendapatkan info-info misalnya tentang acara yang akan terselenggara, mendapatkan berita-berita juga. Efek negatifnya suka terlalu banyaknya iklan dr pada durasi acaranya.

5. Laptop
Laptop adalah suatu alat komunikasi yang pada zaman sekarang sudah tidak asing lagi didengar karena kecanggihannya dan mungkin sudah banyak orang yang memakainya.
Efek positif dari laptop itu sendiri, laptop itu lebih mudah untuk dibawa kemana-mana dibandingkan dengan komputer biasa, cara kerja laptop juga lebih canggih, dilaptop juga kita bisa memasang internet yang dapat berkomunikasi dengan banyak orang dan mendapatkan informasi ataupun berita.
Efek negatifnya harga laptop yang canggih itu biasanya lebih mahal dari komputer yang biasa, karena mudahnya untuk dibawa kemana-mana pengaruh untuk dicurinya lebih besar daripada komputer yang biasa, dan laptop juga gampang untuk terkena virus.
Pengaruh dalam kehidupan diri saya efek positifnya laptop itu gampang untuk dibawa kemana-mana, misalnya saja kampus. Efek negatifnya laptop itu lebih rawan, dan gampang sekali terkena virus.





1 komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


Belajar SEO WordPress mengatakan...

mantabs infonya mang :lol:

Posting Komentar

Related Websites

Archives

Followers