Main FB

Di era globalisasi sekarang ini, mau tidak mau kita harus menerima keberadaan informasi teknologi (IT). Semua informasi hampir bisa diakses melalui alat digital tersebut. Salah satu fasilitas pada internet tersebut menyediakan situs jejaring sosial, seperti Facebook yang saat ini sudah menggejala di semua lini termasuk kalangan pelajar dan mahasiswa.
Fenomena Facebook ataupun Twitter di kalangan pelajar maupun mahasiswa itu kini perlu mendapat perhatian, sebab keberadaannya dapat berdampak buruk terhadap penggunanya.

Masih kuat diingatan kita empat siswa SMA di Provinsi Kepulauan Riau terpaksa dikeluarkan oleh pihak sekolah lantaran mencaci guru mereka di jejaring sosial Facebook, demikian juga salah seorang mahasiswa yang juga mencerca dosennya.

Selain tindakan yang tidak terpuji itu, masih ada juga faktor buruk jika "bermain" di dunia maya bagi kalangan pelajar dan mahasiswa. Untuk itu perlu adanya kesadaran dan pehamanan dalam menyikapi keberadaan situs tersebut.

Nilai Pelajaran Jeblok
Pengguna Facebook yang masih sekolah dan kuliah harus berhati-hati, sebab semakin sering menggunakan Facebook, semakin sedikit waktu untuk belajar. Sehingga dikhawatirkan semakin buruk (jeblok) nilai-nilai mata pelajaran.
Apalagi tanpa mengenal batas waktu, sehingga menyita waktu belajar dan istirahat. Namun untuk menghambatnya merupakan suatu hal yang tak mungkin dilakukan, sebab kini merupakan era globalisasi yang menuntut perkembangan dan perubahan zaman melalui IT.

"Seburuk apapun dampak dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi itu diperlukan berbagai upaya dan strategi untuk meminimalisirnya agar lebih banyak manfaat yang diperoleh. Karena itu peran serta pemerintah, orangtua, guru, sekolah dan lingkungan dituntut terlibat untuk mengantisipasi dampaknya,


Meskipun Facebook itu memiliki sisi buruk, tapi pada sisi lainnya juga bermanfaat bagi penggunanya. Jika selama ini ada anak yang memiliki sifat yang tertutup dan tidak bisa menyampaikan sesuatu secara lisan, maka dengan Facebook hal itu dapat disalurkannya ke dalam bentuk tulisan.

"Facebook selain bisa menambah pertemanan juga bisa membuka kembali komunikasi dengan banyak teman lamanya dan itu membawa pengaruh baik bagi perkembangan sosialnya," ujar Ghodang terhadap sisi postitif dari Facebook tersebut.

Facebokers Ria…..

0 komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


Posting Komentar

Related Websites

Archives

Followers