Semangat

Semangat!!!

Mungkin kata yang paling sering anda dengar belakangan ini, bukan?

Sebuah kata motivasi yang ditujukan pada setiap orang dan setiap waktu

Mungkin, banyak dari kita yang perlu memompa diri dengan berbagai kata-kata penyemangat agar hidup menjadi semakin berharga tanpa diwarnai oleh keluhan semata.

Sebenarnya masih banyak kata penyemangat lainnya yang sering kita dengar. tapi saya lebih suka memakai kata semangat dalam memotivasi diri jika perasaan putus asa menimpa saya.

Entah kenapa, akhir-akhir ini banyak sekali sahabat yang bercerita tentang rasa putus asanya pada asa. Sering kali mereka mengeluh tentang masa kuliah yang tidak menyenangkan, berbeda pendapat dengan orang tua, bertengkar dengan teman dan bagi yang tidak kuliah, mengeluh tentang hidupnya yang terkesan luntang-lantung tanpa harapan.

Sepintas, pernyataan dan keluhan mereka beralasan, banyaknya masalah yang mereka hadapi membuat mereka berputus asa dan tidak mempunyai harapan. Benarkah, masalah yang menimpa mereka pantas dihargai dengan rasa putus asa?

Masalah adalah hal wajar yang menimpa setiap orang. Masalah yang dihadapi oleh manusia merupakan sebuah tahap pembelajaran bagi kita dalam bertahan hidup. Ga’ keren kan, kalau kita mengaku sebagai manusia cerdas dan pemberani namun menghadapi masalah saja tidak berani dan berputus asa?

Manusia punya beragam peran dalam hidup, dari mulai seorang anak, teman, pelajar, pengusaha dll. Setiap peran pun mempunyai berbagai aspek yanng harus dijalani oleh setiap orang secara seimbang sesuai dengan perannya masing-masing. Tidak jarang berbagai peran tersebut membuat mereka mempunyai konflik karena kepentingan yang saling bersinggungan dalam peran mereka. Sebagai contoh, seorang hakim yang mengadili tindak pidana yang dilakukan oleh anaknya sendiri. Tentu saja, hakim tersebut akan mengalami berbagai macam konflik yang timbul dari dalam dirinya. Seorang hakim dituntut untuk berbuat adil, menjatuhkan sanksi dengan seadil-adilnya sesuai dengan KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana). Namun, disisi lain, hakim tersebut juga seorang ayah yang mempunyai kewajiban untuk melindungi anaknya. Kasih sayang yang tumbuh dari orang tua terhadap anaknya tentu saja tidak mengijinkan suatu hal yang buruk menimpa anaknya. Nah, disinilah konflik muncul dan mulai menguji manusia untuk menyelesaikan masalahnya. Apakah, ia akan berbuat adil ataukah akan menyelamatkan anaknya?

Untuk menyelesaikan masalahnya maka kita harus kritis dan memetakan masalah tersebut secara jelas dan jujur. Kita harus dapat membedakan peran apa yang sedang kita jalani dan apa yang harus dilakukan sesuai dengan peran kita tersebut. Jika kita didalam peradilan dan menjalankan tugas sebagai hakim maka yang harus kita ingat adalah kita berperan sebagai hakim. Kita harus bisa mengesampingkan perasaan-perasaan sebagai ayah. Dan tugas sebagai hakim adalah melaksanakan peradilan dan memberikan penilaian secara adil. Jika anak kita bersalah maka kita harus memberikan sanksi sesuai dengan tindak pidana yang dilakukan. Dan peran sebagai ayah adalah ketika melihat anaknya berbuat kesalahan, menyalahkan anak atas perbuatannya bukanlah jalan yang tepat. Kita harus dapat melakukan refleksi atas setiap kejadian dan merencanakan masa depan selanjutnya bagi anak kita. Apa yang harus kita lakukan selanjutnya untuk menyelamatkan masa depan anak kita sekeluarnya dari penjara. Dan bukannya menyuap atau membela anak kita ketika melakukan kesalahan. Dengan begitu diharapkan anak kita bisa belajar dari kesalahannya.

Rasa putus asa yang hinggap pada sebagian orang ketika melakukan kesalahan merupakan salah satu hal yang timbul ketika merasa bahwa tidak ada jalan keluar atas setiap masalah yang dihadapi. Rasa putus asa ketika menjalani kuliah yang terasa membosankan bisa timbul akibat kurangnya rasa syukur. Setiap hal di dunia ini tentu saja mempunyai sisi yang baik dan buruknya. Kita harus pandai-pandai menyiasatinya agar hidup kita tidak terasa membosankan seperti yang dirasakan oleh teman saya. Selain itu kita perlu menimbang kembali untuk apa kuliah saya? Mengingat kembali tujuan yang ingin dicapai akan membangkitkan kembali semangat untuk maju dan menjalani hidup.

Setidaknya kita harus sadar bahwa apa yang kita jalani saat ini belum tentu bisa diraih oleh semua orang. Tumbuhkan semangat untuk pantang menyerah dan menyikapi segala sesuatunya dengan cara pandang yang lebih optimis. Dengan begitu kita tidak akan merasa menyesal, kecewa, ataupun putus asa ketika menghadapi sebuah masalah.

Rasa syukur atas semua anugerah yang telah diberikan oleh Allah SWT, perlu kita tumbuhkan sehingga kita tidak akan mengalami perasaan putus asa. Oleh karena itu setiap saat, saya selalu berusaha menularkan semangat pada teman-teman saya. Baik dengan ungkapan kata-kata semangat, good luck maupun berbagai kata-kata penyemangat lainnya. Lama-kelamaan banyak teman-teman yang bertanya karena saya selalu berkata semangat dan protes ” Apa ga ada kata lain, selain semangat sih?” tanya seorang teman pada saya suatu ketika. Saya hanya bisa tersenyum saja menanggapinya.

Saya rasa setiap orang membutuhkan dorongan dari lingkungan sekitarnya dalam menjalani hidup, ini bukan berarti ketergantungan. Tapi dikarenakan setiap orang membutuhkan seseorang, pemberi dukungan yang senantiasa mengingatkan agar tidak putus asa dalam menjalani hidup.

Meskipun saya terus mengingatkan teman untuk bersemangat dalam menjalani hidup, bukan berarti juga saya tidak mengalami perasaan putus asa. Perasaan putus asa bukanlah hal yang buruk, namun yang perlu dilakukan upaya selanjutnya setelah mengalami putus asa. Dan jangan terus menerus menyesali keadaan yang sudah terjadi, oleh karena itu ketika mengalami masalah hendaknya jangan terlalu berputus asa, seakan-akan tidak ada jalan keluar.

Kita harus optimis dalam menjalani hidup supaya kita tidak terbelenggu oleh perasaan negatif yang merugikan kita. Selalu bersemangat dalam menjalani hidup, itu kuncinya. Tularkanlah perasaan untuk terus bersemangat pada siapa saja. lingkungan yang postif tentunya akan mempengaruhi kita secara positif pula. Semangat!!!

1 komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


rizalsaputra81 mengatakan...

Kita harus tetep semangat

Posting Komentar

Related Websites

Archives

Followers