Mesir, Saudi, UEA dan Kuwait Akan Lebaran pada 10 September

Hari raya Idul Fitri, yang menandai akhir bulan suci Ramadhan, kemungkinan akan dimulai pada Jumat besok (10/9) untuk sebagian besar umat Islam di dunia.

Bagi umat Islam yang taat hal ini berarti akan ada satu hari lagi puasa sampai bulan suci resmi ditutup.

Mesir, Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Kuwait termasuk di antara negara-negara dengan jelas mengatakan bahwa mereka akan memulai Idul Fitri pada hari Jumat besok, karena mereka tidak melihat bulan baru pada Rabu malam (8/9).

Berbeda dengan negara-negara Arab lainnya, Libya sebelumnya telah mengumumkan bahwa mereka telah menetapkan awal Idul Fitri pada hari Kamis ini. Beberapa kelompok sekte Syi'ah di Libanon mengatakan mereka juga akan mengakhiri puasa pada Kamis pagi.

Sebagaimana peristiwa Islam yang paling besar, termasuk bulan Ramadhan yang akan berakhir, awal Idul Fitri tergantung pada penampakan bulan.

Setelah bulan baru terlihat, biasanya oleh komite resmi, shalat Ied pada pagi besoknya menandai awal peristiwa Idul Fitri.

Untuk Indonesia, ormas-ormas besar Islam sepertinya pada tahun ini tidak akan berbeda pendapat soal jatuhnya 1 syawal. Ormas Islam sepakat hari raya Idul Fitri akan jatuh pada hari Jumat besok 10 September 2010.(

0 komentar:

KLIK UNTUK MENAMPILKAN SEMUA KOMENTAR


Posting Komentar

Related Websites

Archives

Followers